Lupa Kata Sandi? Klik di Sini

atau Masuk melalui

Belum Memiliki Akun Daftar di Sini


atau Daftar melalui

Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini

Konfirmasi Email

Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.

Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo

Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang

5 Tren Teknologi yang Mempengaruhi Konsumen di 2017

Editor

Erwin prima

image-gnews
Tren teknologi yang mempengaruhi konsumen di 2017 menurut perusahaan riset GfK. Kredit: GfK
Tren teknologi yang mempengaruhi konsumen di 2017 menurut perusahaan riset GfK. Kredit: GfK
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Laporan terbaru Tech Trends oleh perusahaan periset pasar GfK menyoroti lima tren teknologi kunci yang berpotensi untuk memberikan dampak yang signifikan pada kehidupan konsumen tahun ini.

Baca: 10 Tren Teknologi Penguasa CES 2017

“Kami mengamati dari lima tren teridentifikasi, pembayaran melalui ponsel, rumah pintar dan wearables memiliki daya tarik yang signifikan di Asia Tenggara,” kata Karthik Venkatakrishnan, Direktur Regional GfK Asia, Jumat 19 Mei 2017.

“Menyadari bahwa teknologi-teknologi tersebut mendorong tren dan dengan konsumen kini yang semakin terhubung secara digital, sangat penting bagi brand untuk sepenuhnya mengerti proses belanja para pembeli, channel-channel yang menghubungkan merek dengan konsumen dan pengalaman penggunaan teknologi untuk memenangkan konsumen secara efektif,” tambahnya.

Kelima tren tersebut adalah:

1. Pembayaran melalui ponsel

Pembayaran melaui ponsel tengah membuat terobosan besar di Asia Tenggara, seiring dengan aplikasi belanja yang semakin populer. Di Singapura, terdapat 30.000 titik ritel yang menerima pembayaran non-tunai, seperti Apple Pay, Android dan Samsung Pay. Sementara di Indonesia, negara dengan populasi terpadat di Asia Tenggara dengan 250 juta penduduk, sebagian besar penyedia ritel tradisionalnya kini tengah menerapkan wadah e-commerce mereka sendiri.

Sebuah studi GFK, The Connected Asian Consumer, melaporkan bahwa konsumen di Singapura dan Indonesia cukup sering menggunakan aplikasi-aplikasi belanja online (masing-masing mencapai 37 dan 35 persen) sementara aplikasi tersebut paling banyak digunakan di India (54 persen) dan Tiongkok (48 persen) dengan hampir setengah dari populasi menggunakan aplikasi online lebih dari 1 kali dalam seminggu.

2. Rumah pintar (smart home)

Selain TV pintar, terdapat juga penyerapan positif secara global untuk AC digital yang terhubung dengan WIFI, dengan penjualan global mencapai US$ 42 juta di 2016. Di Asia, utamanya adalah Taiwan, diikuti oleh Australia, Selandia Baru, sementara Thailand dan Vietnam juga menunjukkan pertumbuhan yang cukup besar.

Tiongkok, dengan meledaknya kelas menengah dan ekosistem manufaktur dan teknologi yang kuat akan memimpin dalam adopsi masal atas rumah pintar ini. Jepang adalah pemain kuat yang kedua karena bukan hanya sudah terhitung sebagai salah salah satu dari lima pasar global terkemuka, namun juga mempunyai populasi menua yang akan mendorong berkembangnya solusi kesehatan dan kesejahteraan pintar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain dua pasar utama tersebut, Korea Selatan, Taiwan dan Singapura juga diperkirakan akan berkontribusi besar pada pertumbuhan rumah pintar dengan besarnya proporsi rumah tangga berpendapatan tinggi dan konektivitas data pada negara-negara tersebut.

3. Produk teknologi yang dapat ditempelkan pada tubuh manusia (wearable)

Dalam sebuah studi oleh GfK di 16 negara, sepertiga (33 persen) dari responden mengatakan bahwa mereka melacak atau memonitor kesehatan atau kebugaran mereka melalui aplikasi online atau mobile seperti gelang fitness atau jam pintar. Tiongkok memimpin tren ini dengan 45 persen, diikuti oleh 29 persen di Amerika Serikat dan Brasil, 28 persen di Jerman dan 26 persen di Prancis.

Pasar perangkat wearables ini memperlihatkan pertumbuhan sehat dua digit dengan peningkatan sebesar 45 persen yang mencapai volume penjualan sebanyak 13 juta perangkat dari Januari hingga Desember 2016.

4. Realitas maya dan realitas tertambah (Virtual dan augmented reality – VR/AR)

(Virtual dan augmented reality – VR/AR) akan mulai tumbuh di industri ritel dan industri lainnya seiring kesadaran para pelaku bisnis atas kemampuan teknologi tersebut.

5. Kendaraan pintar (Automomous vehicles)

Kendaraan pintar (Automomous vehicles) sudah mulai diadopsi pasar secara massal.

ERWIN Z

Iklan



Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

 

Video Pilihan


56 Siswa SMK Ini Jalani Program Backpacker dari Sekolahnya ke 20 Negara

20 hari lalu

Para siswa santri SMK Islamic Development Network (IDN) Boarding School berfoto di antara kegiatan program backpacker keliling ke-20 negara. Memulainya pada 16 Januari 2024, memasuki awal April ini mereka telah menyinggahi Pakistan, India, dan sampai di Arab Saudi. ISTIMEWA
56 Siswa SMK Ini Jalani Program Backpacker dari Sekolahnya ke 20 Negara

Selain mencari pengalaman dan ilmu di kampus-kampus tujuan, siswa santri ini juga membagikan ilmu dan pengetahuan di bidang teknologi informasi.


Prabowo Tegas di Debat Capres Mau Bangun Pabrik Ponsel, Pengamat: TKDN-nya Saja

6 Februari 2024

Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan  (kiri) dan Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto (kanan) saat mengikuti Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu, 4 Februari 2024. TEMPO/M Taufan Rengganis
Prabowo Tegas di Debat Capres Mau Bangun Pabrik Ponsel, Pengamat: TKDN-nya Saja

Barangkali tak dibayangkan Prabowo, pengamat telekomunikasi yang pernah bekerja di Jerman ini sebut bikin pabrik ponsel di Indonesia tidak mudah.


Janji Capres Bangun Teknologi Informasi, Peneliti TII: Perlu Insentif dan Kebebasan Ekonomi

5 Februari 2024

Ketiga Capres dan Cawapres, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (kiri), Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD (kanan) saling berpegangan tangan usai Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu, 4 Februari 2024. Debat kelima atau terakhir ini mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. TEMPO/M Taufan Rengganis
Janji Capres Bangun Teknologi Informasi, Peneliti TII: Perlu Insentif dan Kebebasan Ekonomi

Pemerintah perlu menyediakan insentif untuk membangun dan memperkuat teknologi informasi di Indonesia.


Tiga Capres soal Teknologi Informasi: Dari Bangun Pabrik hingga Penguatan SDM

5 Februari 2024

Ketiga Capres dan Cawapres, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (kiri), Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD (kanan) saling berpegangan tangan usai Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu, 4 Februari 2024. Debat kelima atau terakhir ini mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. TEMPO/M Taufan Rengganis
Tiga Capres soal Teknologi Informasi: Dari Bangun Pabrik hingga Penguatan SDM

Dalam debat kelima Ahad malam, tiga Capres menjelaskan pandangannya soal kedaulatan teknologi informasi.


Top 3 Tekno: Tunggakan Uang Kuliah di ITB, Prabowo Mau Tambah Dokter

5 Februari 2024

Mahasiswa ITB menggelar aksi menolak skema pembayaran uang kuliah melalui platform pinjaman online di depan gedung Rektorat ITB, Bandung, 29 Januari 2024.  ITB bekerja sama dengan lembaga keuangan bukan bank Danacita yang digagas sejak tahun 2023. TEMPO/Prima Mulia
Top 3 Tekno: Tunggakan Uang Kuliah di ITB, Prabowo Mau Tambah Dokter

Berita dari ITB puncaki Top 3 Tekno terkini. Tapi yang mendominasi adalah berita dari debat capres yang bahas teknologi informasi dan kesehatan.


Teknologi Informasi di Debat Capres, Pakar di ITB Sebut 3 Tantangan Rezim Baru

4 Februari 2024

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto saat mengikuti debat ketiga Calon Presiden 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 January 2024. TEMPO/ Febri Angga Palguna
Teknologi Informasi di Debat Capres, Pakar di ITB Sebut 3 Tantangan Rezim Baru

Pakar teknologi informasi dari ITB mengatakan rezim baru perlu melakukan digitalisasi dan pencerdasan secara masif untuk transformasi Indonesia.


BlackBerry Raup Untung dari Layanan Keamanan Siber

21 Desember 2023

Logo Blackberry terlihat di menara perkantoran di Irvine, California, AS, 20 Oktober 2020. REUTERS/Mike Blake
BlackBerry Raup Untung dari Layanan Keamanan Siber

BlackBerry secara mengejutkan melaporkan laba kuartalan, didukung oleh tingginya permintaan layanan keamanan siber di tengah maraknya ancaman online.


AI Dimanfaatkan 198 Startup Indonesia, Wamenkominfo: Gambaran Potensi ke Depan

8 Desember 2023

Ilustrasi Kecerdasan Buatan (Microsoft)
AI Dimanfaatkan 198 Startup Indonesia, Wamenkominfo: Gambaran Potensi ke Depan

Data Tracxn Technologies Limited yang mencatat hingga Juni 2023 ada 198 startup Indonesia yang memanfaatkan AI dalam penyediaan layanannya.


Teknologi Diharapkan Bisa Jadi Alat Pengembangan Diri Guru dan Murid

18 November 2023

Konferensi Pers Anugerah Kihajar 2023 pada Jumat 17 November 2023/Tempo-Mitra Tarigan
Teknologi Diharapkan Bisa Jadi Alat Pengembangan Diri Guru dan Murid

Pemerintah mengajak lebih banyak masyarakat menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar. Harapannya lebih banyak lahir talenta digital.


Jurus Kemendikbud Tingkatkan Kompetensi Guru di Bidang TIK

10 Oktober 2023

Guru memberi arahan pada murid peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SLBN Cicendo, Bandung, Jawa Barat, 29 Agustus 2022. Sebanyak sembilan orang siswa di SLBN Cicendo mengikuti ujian ANBK yang dilakukan secara serentak di SLB seluruh kota di Indonesia. TEMPO/Prima Mulia
Jurus Kemendikbud Tingkatkan Kompetensi Guru di Bidang TIK

Program PembaTIK diharapkan bisa meratakan kualitas pendidikan di Indonesia melalui kreativitas para guru dalam menyajikan sistem pembelajaran.